Metode Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen: Studi Meta Analisis

Priskila Issak Benyamin

Abstract


This research aims to find alternative learning methods to improve student's learning outcomes in Christian education subjects. This research was generalized 20 previous classroom action research. Those classroom action researches collected using google scholar search. The results of those classroom actions research generalized by meta-analysis technique. Based on the result of this research, there are 4 best learning methods to improve student's learning outcomes in Christian education subject, namely: make a match, Paikem, Q&A grouping, and Contextual Teaching and Learning. Based on the research, Christian education teachers suggested using those 4 learning methods to improve students learning outcomes.


Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan alternatif metode pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Penelitian ini merupakan generalisasi dari 20 Penelitian Tindakan Kelas sebelumnya. Hasil-hasil Penelitian terdahulu dikumpulkan melalui pencarian dengan menggunakan Google Scholar. Hasil-hasil penelitian kemudian digeneralisasi dengan teknik meta analisis. Hasil generalisasi menunjukkan bahwa terdapat 4 metode pembelajaran yang paling mampu meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen, yaitu: make a match, Paikem, kelompok dan tanya jawab, serta Contextual Teaching and Learning. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan kepada guru Pendidikan Agama Kristen untuk menggunakan metode-metode pembelajaran tersebut apabila memerlukan peningkatan prestasi belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Abdi, M.I. Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Dinamika Ilmu. Vol. 11 (1), 2011.

Alhamda, S. 2018. Buku Ajar Metlit dan Statistik. Sleman: Deeppublish.

Benyamin, P. I., Gratia, Y. P. Pengembangan Model Pendidikan Agama Kristen Bagi Anak Korban Kemiskinan. Jurnal Ecodunamika. Vol. 3 (1), 2020

Butar, Peningkatan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Kristen Melalui Metode Belajar Kelompok dan Tanya Jawab Kelas VI SDN 164522 Kota Tebing Tinggi. Jurnal Handayani. Vol 3 (1), 2015.

Daniel, S. Penerapan Metode Permainan Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas 3 Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SD Kristen Kanaan Tangerang. Jurnal Pendidikan Agama Kristen Regula Fidei. Vol. 1 (2), 2016.

Edy, Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Kristen Menggunakan Model Pengajaran Tuntas Pada Siswa Kelas III SDI Bertingkat Oebobo 2 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Mandala. Vol 1 (1), 2016.

Hanifah, N. 2014. Memahami Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Aplikasinya. Bandung: UPI Press.

Haristowati, D. Penerapan Metode Paikem Untuk Meningkatkan Daya Serap dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di Kelas V B SD Inpres Oebufu Kupang. Jurnal Pendidikan Mandala. Vol 1 (1), 2016.

Hasibuan, M. I. Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Logaritma. Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains. Vol. 2 (1), 2014.

Hutasoit, Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di Kelas X SMK Swasta Jambi Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Repository Universitas HKBP NOMMENSEN, 2019

Manuaian, Alexander, dan Rantesalu, Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Pendidikan Agama Kristen. Ciencias: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol 1 (1), 2018

Mikran, Pasaribu, M., Darmadi, I. W. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 1 Tomini Pada Konsep Gerak. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako. Vol 2 (2), 2014

Napitupulu, Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Kelas VII SMP Negeri 1 Selesai. Jurnal Pendidikan Tabularasa. Vol 15 (2), 2018.

Nuhamara, D. Penguatan Dimensi Karakter Dalam Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Jaffray. Vol. 16 (1), 2018.

Pongtuluran, A. 2017. Total Quality Management. Manajemen Kualitas Dalam pendidikan. Yogyakarta: Andi

Purba, H. R. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture di Kelas IX-J SMPN 1 Sidikalang. Jurnal Guru Kita. Vol. 2 (2), 2018.

Rakhmat, N. Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Metode Make A Match Pada Siswa Kelas VI SD Gisikdrono 02 Semarang. Jurnal Saung Guru. Vol. 4 (2), 2013

Sadukh, Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Kristen Pada Siswa Kelas VI SD Inpres Oepura 3 Tahun Ajaran 2017/2018 Melalui Penerapan Metode Demonstrasi. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala. 2018.

Sampe, H. Peningkatan Hasil Belajar Agama Kristen Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Rantepao Kabupaten Toraja Utara. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran. Vol 1 (2), 2019.

Santosa, D. S. S. Manfaat Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (TGT) Dalam Pembelajaran. Jurnal Ecodunamika. Vol. 1 (3), 2018.

Sarapung, Penerapan Model Pembelajaran VCT Berbasis Multikultur Guna Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Kristen Pada Siswa SMK Soverdi Tuban. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, Vol 1 (1), 2010.

Sembiring, Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII-B SMP Pada Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Negeri 1 Stabat. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, Vol 7 (2), 2017.

Siahaan, H. E. R. Hikmat Sebagai Implikasi Pendidikan Kristiani: Refleksi 1 Raja-raja 3:1-15. Dunamis: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani. Vol. 1 (1), 2016.

Sidabutar, J. L. Pengaruh Model Pakem Terhadap Hasil Belajar Siswa Pendidikan Agama Kristen. Voice of Hami. Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen. Vol 1 (1), 2019.

Silalahi, Efektifitas Metode Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas XI SMK Swasta Jambi Medan TA 2018/2019. Repository Universitas HKBP NOMMENSEN, 2019.

Silalahi, J. Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Melalui Metode Card Sort Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 163084 Kota Tebing Tinggi. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed. Vol. 7 (1), 2017.

Silberman, M. E. 1996. Active Learning: 101 Strategies to Teach Any Subject. Allyn & Bacon

Sipayung, L. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Make A Match Pada Mata Pelajaran Agama Kristen di Kelas IX-E SMP N 1 Sidikalang. Jurnal Guru Kita. Vol 2 (2), 2018

Sirait, Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Kristen Melalui Metode Belajar Kelompok dan Tanya Jawab Kelas VII B SMP PGRI Salawati Kabupaten Sorong. Jurnal Pendidikan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Vol 6 (2), 2018.

Siregrar, N. Pengaruh Strategi Pembelajaran Quantum Teaching Dan Sikap Terhadap Pelajaran Agama Kristen Terhadap Hasil Belajar Agama Siswa SMA Negeri 1 Porsea. Digital Repository Universitas Negeri Medan. 2016

Slavin, E. R. 2011. Cooperative Learning: Theory, Research and Practice. Longman

Sortauli, D. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Dengan Metode Berbasis Tugas. Jurnal Global Edukasi. Vol. 1 (3), 2017

Susanti, D. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Akidah Akhlak Melalui Metode Pembelajaran PAIKEM Tipe Jigsaw dan Index Card Match di MTs Jam’iyyatul Kair Ciputat. Repositori UIN Syarif Hidayatullah. 2017.

Tarigan, J. M. B. R. Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Menggunakan Metode Cerita Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Agama Kristen Siswa Kelas III SD Negeri 043935 Simpang Katepul Kabupaten Karo. Jurnal Ilmiah Kohesi. Vol. 3 (1), 2019

Ubaidah, N. Pemanfaatan CD Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Make a Match. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Unissula. Vol 4 (1), 2016

Utami, P. S., Gafur, A. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS di SMP Negeri di Kota Yogyakarta. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS. Vol 2 (1), 2015.




DOI: https://doi.org/10.47166/sot.v3i1.17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SOTIRIA (Jurnal Theologia dan Pendidikan Agama Kristen) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://www.sttpaulusmedan.ac.id/index.php/sotiria.

SOTIRIA telah terindeks pada situs:

       
e-ISSN: 2685-3493

p-ISSN: 2685-354X

Copyright© SOTIRIA (Jurnal Theologia dan Pendidikan Agama Kristen), 2019. All Rights Reserved.