Penerapan Model Pembelajaran Tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE) dalam Meningkatkan Etika Berbicara

Nixon Lumban Gaol

Abstract


This research was conducted by applying the Student Facilitator and Explaining type of Cooperative Learning model in Christian Religious Education learning to improve speaking ethics of class IX-2 students of SMP Negeri 1 Sibolangit in 2020. The type of research used was Classroom Research Action. The low ethics of students in speaking is due to the influence of globalization of western culture, as well as the lack of attention from parents and the environment about the importance of speaking ethics, thus fading Indonesian culture. Therefore, the low ethics of speaking to students cannot be ignored, because if left unchecked, our good cultural ethics as Indonesians will fade away, due to the influence of globalization and the environment and parents who are less supportive of speaking. good. Based on the results of the analysis in this study, it can be concluded that the application of the cooperative learning model type Student Facilitator And Explaining can improve students' speaking ethics in Christian Religious Education learning in class IX-2 SMP Negeri 1 Sibolangit.

Abstrak
Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen untuk meningkatkan etika berbicara siswa kelas IX-2 SMP Negeri 1 Sibolangit tahun 2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah Classroom Research Action. Rendahnya etika siswa dalam berbicara dikarenakan pengaruh globalisasi budaya barat, serta kurangnya perhatian orang tua dan lingkungan tentang pentingnya etika berbicara, sehingga melunturkan budaya Indonesia. Oleh sebab itu, rendahnya etika berbicara pada siswa tidak dapat dibiarkan begitu saja, karena jika dibiarkan begitu saja maka etika budaya yang baik kita anut sebagai orang Indonesia akan luntur begitu saja, karena adanya pengaruh globalisasi dan lingkungan serta orang tua yang kurang mendukung untuk berbicara yang baik. Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan etika berbicara siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di kelas IX-2 SMP Negeri 1 Sibolangit.

Full Text:

PDF

References


Alwi Hasan. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka, 2007.

Aqib Zainal, dkk. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SMP, SMA/SMK. Bandung: CV. Yrama Widya, 2009.

Arikunto Suharsimi, dkk. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008.

Basrowi dan Suwandi. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bogor: Ghalia Indonesia, 2008.

Budiyana Hardi. Dasar-Dasar Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: Berita Hidup Seminari, 2011.

Dimyati dan Modjono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 1999.

Habsani Sri. Bimbingan Dan Konseling SMA Untuk Kelas X. Jakarta: PT Grasindo, 2005.

Hasym Muhammad. Penuntun Dasar Kearah Penelitian Masyarakat, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1983.

Homrighousen EG. dan Enklaar. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2002.

Isjoni. Kooperative Learning. Bandung: Alfabet, 2010.

Istarani. 58 Model Pembelajaran Inovatif Jilid 2. Jakarta: Media Persada, 2008.

Kristianto Paulus Lilik. Prinsip dan Praktek PAK. Yogyakarta: Andi, 2006.

Nainggolan Binsar. Pengantar Etika. Pematang Siantar: I-SAPA, 2007.

Non-Serrano Janse Belandina. Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti. Jakarta:

Pusat Kurikulum dan Pembukuan Kemdikbud, 2016.

Nuhamara Daniel. Pembimbing PAK. Bandung: Jurnal Info Media, 2009.

Purwoerdarminta. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1992.

Santoso Puji. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka, 2007.

Sawiwati. Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas III SDN 3 Makarti Jaya Tentang Ciri-ciri Makhluk Hidup Melalui Metode Demonstrasi. Palembang: Perpustakaan UT, 2009.

Shadily Hasan, dkk. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia, 2003.

Simamora Dame Taruli dan Rida Gultom. Pendidikan Agama Kristen Kepada Remaja dan Pemuda. Medan: CV. Mitra, 2011.

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta, 2013.

Supardan. Ilmu, Teknologi, Etika. Jakarta: BPK-GM, 1996.

Suprijono. Cooverative Learning (Teori & Aplikasi PAIKEM), Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Surakhmad Winarmo. Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito, 2004.

Tarigan Hendry. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa, 1981.

Verkuyl. Etika Kristen Bagian Umum. Jakarta: BPK-GM, 2008.

Waruwu Fidelis. Pendidikan Budi Pekerti Untuk SMA/SMK Kelas IX. Membangun Karakter dan Kepribadian, Jakarta: Grasindo, 2007.




DOI: https://doi.org/10.47166/sot.v3i2.23

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SOTIRIA (Jurnal Theologia dan Pendidikan Agama Kristen) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://www.sttpaulusmedan.ac.id/index.php/sotiria.

SOTIRIA telah terindeks pada situs:

       
e-ISSN: 2685-3493

p-ISSN: 2685-354X

Copyright© SOTIRIA (Jurnal Theologia dan Pendidikan Agama Kristen), 2019. All Rights Reserved.